Danau Toba Menjadi Wisata Terpopuler di Sumatra


Danau Toba merupakan suatu danau yang ketika zaman dahulu terjadi ledakan gunung berapi yang amat dahsyat hingga terbentuk sebuah Danau yaitu Danau Toba. Maka disebut Danau Toba sebab gunung berapi yang meletusnya amat dahsyat bernama Toba sehingga dinamakan juga Danaunya Toba. Perkiraan dari letusan Gunung Toba terjadi sekitar 73.000 hingga 75.000 tahun silam.

Akibat dari letusan Gunung Toba yang begitu dahsyatnya sebagian peneliti dari penjuru dunia mencoba untuk melakukan penelitian tentang sebab dan akibat Danau Toba terbentuk. Diperkirakan Gunung Toba Meletus adalah letusan yang amat dahsyat yang pernah ada, mengapa? Karena dari total yang dimuntahkan gunung itu mencapai hingga 2.800 kilometer3 sampai 2.000 kilometer3 dari lgnimbrit yang mengalir di permukaan tanah. Sekitar 800 kilometer3 yang dijatuhkan sebagai ab uke sebalah barat. Aliran piroklastik akibat dari letusan membuat kehancuran dengan area seluas 20.000 kilometer2, dengan ketebalan abu hingga 600meter dengan inti kawahnya.

Disebabkan hal ini menjadikannya terbentuk sebuah lobang besar yang terisi air dan hingga saat ini disebut dengan Danau Toba dan akibat dari tekanan magma yang belum keluar mengakibatkan terbentuk menjadi pulau di tengah lobang yang terisi air yaitu disebut dengan sebagai Pulau Samosir.

Danau ini memiliki luas dengan panjang 100 km dan lebar 30 km maka dari itu danau ini adalah danau terbesar di Asia tenggara. Sebab dari itu mengapa danau ini bisa terkenal diseluruh dunia. Selain dari itu danau ini dikenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Sampai kini masih banyak wisatawan dari mancanegara yang berwisata dan berkunjung ke Danau Toba ataupun ke Pulau Samosir dan menjadi kawasan Wisata Sumatra yang populer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Surabi Jajanan Traditional Kota Bandung

Keripik Sukun Yang Hampir Punah Karena Dimakan Zaman

Dibalik Nama Pantai Indrayanti Yang Indah Dipandang