Keripik Sukun Yang Hampir Punah Karena Dimakan Zaman


Jika ditanya apasih oleh oleh Tasikmalaya? Makanan khas Tasikmalaya salah satunya merupakan makanan yang sudah hampir punah yaitu keripik sukun, namun yang disebabkan makanan khas ini makin punah karena semakin berkurangnya populasi pohon-pohon sukun. Dari namanya memakai nama buah sukun tentu bahan dasarnya memakai itu maka dari itu jenis makanan khas keripik sukun susah ditemukan atau hampir punah.

Ketika dahulu kala buah sukun ini begitu banyak sekali pohonnya di pulau jawa, tetapi dengan seiring dengan berjalannya waktu pohon sukun semakin susah untuk ditemukan bahkan menjadi sedikit populasinya. Buah ini memiliki ciri dengan bentuk bulat namun mirip dengan buah nangka tapi buah ini berukuran kecil. Jika dibelah, buah ini miripp dengan buah melon. Tetapi membedakannya adalah rasa dari buah tersebut, buah sukun memiliki rasa yang hambar dan bergetah.

Buah ini disebut sebagai buah yang mempunyai kadar kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, maka dari itu buah ini direkomendasikan untuk dimakan langsung. Membuat keripik sukun yang pertama buah sukun dipotong-potong tipis seperti keripik dan dicuci hingga bersih sampai getahnya hilang.

Sesudah itu. Buah sukun sudah dipotong seperti keripik dijemur dibawah sinar matahari hingga kandungan air di dalamnya menghilang kemudian buah sukun yang sudah dijemur siap untuk digoreng sampai terlihat garing dan renyah. Setelah digoreng kemudia ditiriskan supayan minyak bekas gorengan turun, kemudian bisa ditambah bumbu apa saja yang kalian suka. Dari rasa keripik sukun ini sungguh gurih dan renyah, cocok bila dijadikan untuk makanan cemilan sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Surabi Jajanan Traditional Kota Bandung

Dibalik Nama Pantai Indrayanti Yang Indah Dipandang